Chef Michelin Star Sajikan Menu Fusion di Jakarta

Ada dua menu yang disajikannya.

Dream – Menu olahan Chef berpredikat Michelin selalu bikin penasaran. Bukan hanya nikmat tapi penyajian dan kekhasan rasanya pasti bakal spesial.

Nah, salah satu Chef asal Hong Kong dengan gelar Michelin, Kwok-keung Chan, sedang berada di Indonesia.

Ia hadir dalam Salon Culinaire Chef Competition Food & Hotel Indonesia (FHI), hari ini, Kamis, 25 Juli 2019. Acaranya digelar di Hall C JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Chef Kwok yang merupakan juara dunia The Chinese Cuisine World Championship, mendemostrasikan salah satu resep fusion Asia andalannya kepada awak media.

” Masakan Tiongkok-Indonesia memiliki sejarah panjang. Saya sangat tertarik melihat peserta dalam memberikan sentuhan saus Tiongkok ke dalam masakan tradisional Indonesia yang menambah warna pada masakan fusion Asia,” ujar Kwok-keung Chan di Jakarta, Kamis 25 Juli 2019.

Gunakan Bumbu Halal

Chef dengan nama panggung KK Chan itu menyajikan hidangan Soun Daging Sapi Lada Hitam dan Ayam Goreng Crispy Lemon dengan Saus Plum.

Pada kesempatan kali ini, Lee Kum Kee juga memperkenalkan bumbu dan saus Tiongkok bersertifikasi halal. Beberapa di antaranya yaitu saus hoisin, saus tiram, saus plum, minyak wijen, saus udang dan cuka putih.

Lee Kum Kee

” Belakangan ini tren masakan memang cenderung lebih ke campuran, seperti misalnya dengan sentuhan chinese food. Khusus untuk Indonesia, kita ambil produknya dari pabrik di Malaysia yang sudah mendapat sertifikasi halal,” ujar Verdy Ricardo Tjhoei, Lee Kum Kee Business Manager Indonesia.

4 Daftar Makanan Korea yang Cocok Jadi Menu Diet Sehat

Dream – Kimchi, makanan tradisional Korea yang terbuat dari hasil fermentasi sawi yang kaya akan probiotik itu tengah digandrungi. Menu makanan Korea yang satu ini juga baik untuk diet dan juga memiliki manfaat kesehatan.

Selain kimchi, Korea juga memiliki beberapa menu makanan lain yang cocok dikonsumsi saat diet, dan baik untuk kesehatan.

4 Daftar Menu Makanan Korea yang Cocok Jadi Menu Diet Sehat

Terlebih, Korea dikenal dengan makanannya yang difermentasi terlebih dahulu, sehingga kandungan bakteri baik dalam makanannya cocok untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari Well and Good, Judy Joo, penulis buku Korean Food Made Simple mengatakan, cara orang Korea makan, akan membuat orang Korea berumur panjang.

Selain itu, obesitas juga jarang dijumpai di negeri gingseng ini. Berikut beberapa menu makanan Korea yang cocok jadi menu diet sehat:

Kimchi dan Berbagai Olahan Kimchi

Sudah bukan rahasia lagi, kimchi sangat terkenal dan bahkan masuk dalam daftar makanan sehat yang di dunia. Kandungan probiotik dalam kimchi sangat baik untuk menurunkan berat badan dan bisa dijadikan menu diet sehat.

Kimchi

Ada banyak menu makanan Korea dicampur dengan kimchi. Biasanya orang Korea wajib menyediakan kimchi di rumah, dan menjadi makanan sampingan di setiap jam makan.

Bahkan para ibu di Korea akan menyimpan kimchi buatannya dalam waktu yang lama untuk mendapatkan rasa yang enak.

Menu makanan Korea dari kimchi ada banyak, seperti nasi goreng kimchi, sup kimchi, pancake kimchi, dan masih banyak lagi berbagai jenis olahan kimchi lainnya.

Jadi, bagi Sahabat Dream yang hendak memasukkan kimchi ke dalam daftar menu diet sehat, tidak akan pernah bosan, karena kimchi bisa diolah dalam berbagai macam jenis makanan.

Donggeurang Ddaeng

Selain kimchi yang sudah tidak asing lagi, ada lagi menu makanan Korea yang cocok dijadikan menu diet sehat. Dilansir dari Zen Kimchi, Donggeurang Ddaeng atau Steak Tahu dan Jamur ini.

Donggeurang Ddaeng

Agar halal disantap, Donggeurang Ddaeng diolah bersama tahu dan jamur Pyogo, atau terkenal dengan nama jamur Shiitake.

Rasa menu makanan yang satu ini sangat unik, karena bentuknya seperti steak daging.

Untuk memasak steak tahu ini, orang Korea biasa menggunakan minyak zaitun atau minyak dari biji anggur. Dijamin menu makanan ini sangat cocok dimasukan dalam daftar menu diet nih Sahabat Dream.

Dotorimuk

Dotorimuk atau Acorn Jelly, adalah menu makanan Korea yang terbuat dari biji pohon ek. Makanan ini sudah menjadi tradisi di Korea, orang-orang Korea zaman dahulu bekerja keras untuk mengekstrak nutrisi dari biji pohon ini.

Hasil kerja keras ini berbuah hasil, yakni olahan acorn jelly yang berkilau dan tembus cahaya. Rasanya hambar, namun bisa ditambah dengan tambahan bumbu lain untuk mendapatkan rasa yang sesuai dengan lidah masing-masing.

Tekstur Dotorimuk terasa seperti tekstur daging yang kenyal, bahkan menu makanan ini mengandul 0 kalori dan menjadi populer untuk diet dan sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Dotorimuk bisa dimakan dengan menambahkannya ke dalam sup dingin atau dalam Bahasa Korea Naengmyeon. Namun, ada juga yang menambahkan Dotorimuk ke dalam salad sayur atau salad buah.

Boribap atau Bubur Bibimbap

Pada zaman dahulu, nasi menjadi barang mewah dan hanya kalangan tertentu yang bisa makan nasi dengan kualitas terbaik. Sehingga muncul kebiasaan di antara para masyarakat biasa untuk memakan sedikit nasi namun dengan banyak campuran bahan lain, seperti sayuran dan kacang-kacangan.

Nasi campur, atau biasa disebut dengan Bibimbap, merupakan menu makanan tradisional Korea yang cukup terkenal di kalangan pecinta makanan sehat. Ada banyak jenis bibimbap, sesuai dengan isian dalam nasi.

Umumnya, Bibimbap terbuat dari nasi yang di atasnya ditambahkan berbagai macam jenis sayuran seperti bayam, wortel, kimchi, touge, hingga menambahkan telur, daging, dan telur.

Ada yang unik dari Bibimbap, yakni Boribap yang sangat terkenal di daerah pinggiran Korea. Yang membedakan Boribap dengan Bibimbap lain adalah cara penyajiannya.

Nasi dalam Boribap dipisahkan dari sayurannya, dan hanya dicampuri minyak wijen dan wijen, dan sayurannya diletakkan di piring terpisah.

Campuran nasi dan minyak inilah yang membuat nasi seakan menjadi bubur, sehingga diberinama Boribap, atau Bibimbap yang menyerupai bubur. Selamat mencoba, Sahabat Dream! Jangan lupa perhatikan kehalalannya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *